Tips Amankan Perabot Kayu dari Ancaman Rayap

Salah satu ancaman paling nyata dari serangan rayap adalah kerusakan pada perabot yang terbuat dari kayu. Hal ini karena kayu merupakan sumber makanan dengan kandungan selulosa yang kemudian menjadi sumber energi. Kayu yang sudah mati, atau sudah diolah menjadi material bangunan maupun perabot menjadi sasaran empuk bagi rayap pekerja. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada barang furnitur di rumah bukan?

Langkah Pencegahan Serangan Rayap terhadap Kayu

Untuk menangkal serangan rayap terhadap bahan-bahan kayu di rumah, ada 2 tindakan yang biasanya diterapkan. Hal ini meliputi pencegahan dari dalam kayu itu sendiri dan pencegahan dari luar. Dengan menerapkan teknik penanganan yang tepat, Anda dapat memberikan perlindungan optimal pada konstruksi bangunan maupun  perabot seperti meja, kursi dan almari di rumah.

Pencegahan Dalam

Untuk memberikan perlindungan dari dalam, penanganan hanya bisa dilakukan sebelum tahapan finishing konstruksi maupun perabot. Caranya adalah dengan cara meresapkan obat anti rayap ke dalam batang kayu. Produk insektisida yang digunakan biasanya untuk menangkal kumbang bubuk, rayap maupun mikro-organisme lain yang menyerang kayu.

Teknik jasa anti rayap jakarta yang digunakan biasanya adalah dengan membuat larutan bahan insektisida dengan air dalam takaran tertentu. Selanjutnya, larutan insektisida tersebut dioleskan secara merata dalam kadar yang cukup untuk dapat meresap sempurna ke dalam kayu. Biasanya proses penyerapan iniĀ  memakan waktu hingga semalam sebelum akhirnya proses finishing olahan kayu dilakukan.

Pencegahan Luar

Sementara untuk perindungan dari luar, biasanya produk yang digunakan adalah produk cat kayu ataupun pernis yang sudah memiliki kandungan anti-rayap di dalamnya. Cat dioleskan secara merata ke seluruh permukaan kayu untuk mengoptimalkan perlindungan. Selain memberikan perlindungan optimal, mengoleskan cat secara merata juga berkaitan dengan keindahan perabot itu sendiri.

Hal yang juga perlu diingat dalam melindungi kayu dari rayap adalah melakukan pemeriksaan secara rutin. Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap konstruksi kayu maupun perabot secra rutin dan konsisten setidaknya 6 bulan sekali. Selain itu, Anda juga perlu selalu waspada utamanya pada kayu-kayu basah maupun lembab.

Demikianlah cara-cara yang bisa Anda coba terapkan untuk menanggulangi serangan rayap terhadap produk olahan kayu di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>